Kembali Trade Expo Indonesia (TEI) Diselenggarakan, Kemendag Target Transaksi TEI 2023 lebih dari 240 Trilliun

JAKARTA, JOURNAL INDONESIA SATU.Com – Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi COVID-19 dan upaya meningkatkan kinerja ekspor Indonesia ke pasar global.  Kementerian Perdagangan kembali akan menyelenggarakan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 tahun 2023.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menargetkan transaksi Pameran TEI ke -38 tahun 2023 ini melebihi dari tahun sebelumnya sekitar 15,83 milliar atau lebih dari Rp. 240 trilliun rupiah.

“Ya hari ini kita launching Trade Expo Indonesia 2023, tahun lalu kita berhasil melakukan transaksi hampir USD 15, 83 miliar, kita harapkan tahun ini bisa lebih tinggi lagi. Ya harus lebih dari itu,” ujar Zulhas kepada media, Jakarta, Senin (10/7/2023)

Untuk menyukseskan acara ini, Kementerian Perdagangan berharap Kerjasama atau kolaborasi dari berbagai pihak, seperti Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Bupati dan Kepala Daerah dan lain-lain.

“Kata kuncinya kerja sama, kolaborasi, termasuk dengan Kementerian BUMN, duta besar kita dari berbagai negara , Kadin, kepala daerah dan juga UMKM, dan perusahaan besar, kerjasama itulah yang kita harapkan terjalin sehinggan bisa menghasilkan transaksi besar dan ini lah yang akan kita ulangi dan lakukan lebih baik lagi,” tuturnya.

TEI tahun 2023 akan diaksanakan secara offline exhibition tanggal 18 -22 Oktober 2023 bertempat di ICE, BSD Tangerang dan online exhibition tanggal 18 Oktober – 18 Desember 2023 dengan konsep e-catalogue.

TEI tahun 2023 yang mengusung tema ” Sustainable Trade for Global Economic Resilience” mencakup beberapa kegiatan meliputi opening and  closing ceremony, product exhibition, international bussiness seminar / forum, bussiness matching dan business counseling serta penandatanganan kesepakatan dagang antara suppliers dan buyers.

Tahun ini diharapkan TEI  dapat diikuti sekitar 1.200 pelaku usaha yg dihadiri oleh 8.300 buyer dan kunjungan visitor 25.000 secara offline serta 33.000 secara online.

Adapun kategori product utama yang akan ditampilkan dalam TEI 2023 ini meliputi Food & Beverage, Fashion, Textile and Accessories, Digital and Services, Beuty and Personal Care, Medical Equipment and Health Care, Home Living, Chemical, Energy and Industrial Product. (NTL)

Related posts

Leave a Comment